Sunday 4 October 2009

stop gengsi, and get a better life ;)


hola bloggggeeerrss!

how's ur day? hope it'd be nice. (:
well, yesterday i got some lessons that i would never got that from school. maybe u read that on books or u hear someone say, but that will be different if u feel that. and we couldn't count how expensive that were.

guys, kita smua pasti pernah kan buat salah? krna kita semua itu manusia biasa. yg pasti pernah punya kslhn. yg punya emosi dan punya perasaan.
saat kita mlakukan kslhn, apa yg biasanya kalian lakukan?

gw pribadi bakal ngelakuin ini, 
pertama bakal introspeksi. cb cari kslhan gw, bnr ga sih gw salah. kalo perlu mnta bantuan sm siapa aja yg bs ksh tau gw, apa gw bnr ato ga.
kdua, saat gw tau gw salah gw pasti minta maaf. dan gw pastiin kata maaf ini sampe ke org yg gw tuju. terus berdoa dan berharap agar kata maaf diterima. tapi gw ngga akan maksa. kan kalo dimaafinnya terpaksa sama aja bhong hehe.  

and the last, gw bakal mencoba memperbaikin smuanya. dan berusaha buat ngga ngulangin hal yang sama.
 

gw yakin hampir smua org melakukan sperti apa yg gw lakuin. karna itu hal yg udh dtanamkan pada kita semua sejak kecil.
mengakui kslhn dan meminta maaf itu bukan hal yang sulit.
tapi knapa sih ad org yg ngga berjiwa besar buat mengakui kslahannya dan minta maaf? apa karena gengsi?

gengsi. apa sih arti kata gengsi di mata kalian? mnrt gw, gengsi itu adalah sebuah perilaku dimana org ga mau terlihat lemah dan susah. org yg memiliki gengsi berlebihan ngga akan mau ngalah. walaupun mengalah untuk menang atas suatu hal yg baik.


gengsi dan harga diri itu suatu hal yg berbeda buat gw. sbagai manusia, kita harus punya harga diri. kita harus pertahankan hal itu, supaya ngga diinjek-injek sama org lain. sedangkan gengsi, itu definisinya lebih ke arah yg negatif walaupun ngga setiap saat seperti itu.

sometimes kita pasti pernah ngerasa gengsi, itu normal ko karena setiap org pasti pernah ngerasain itu termasuk gw. tapi gengsi yg berlebihan ngga akan ada manfaatnya. malah jadi bumerang buat kita sendiri.
ayo guys, kita buang semua rasa gengsi yg ada. cobalah untuk jadi org yg lebih rendah hati dan menyadari+menerima kelemahan yg ada di diri kita.


gw pun bukan org yg sempurna. gw pernah ngalamin kegagalan. saat ini, gw slalu mencoba untuk bs menerima semua kekurangan yg ada. tapi gue ngga akan sedih akan hal itu. ada org yg sangat gw kagumin blg ke gw, "terkadang kelebihan kita bisa menjadi kekurangan kita. dan sebaliknya juga begitu."

berarti ada kemungkinan bagi kita untuk merubah sisi negatif menjadi positif.
dan ada lg 1 quote, "life's like piano. white keys represent happiness, and the black keys show sadness. but, as you go through life journey's remember the black keys make music too."


dua hal ini yg selalu menjadi motivasi gw. gw melihat semua kekurangan gw sebagai suatu hal yg bisa gw jadikan kelebihan apabila gw kembangin dan gw trima. dan setiap masalah dan rasa sedih yg gw alamin, gw jadiin kenangan berharga.
Pengalaman itu guru yg paling baik, percaya deh.


lagipula, jd seseorang yg sempurna tuh ngga enak loh. hidup dimana semua serba ada, ngga ada tantangan, dan serba mudah. monoton bgt pasti. mungkin awalnya enak, tapi lama2 bosen. terus di saat tiba2 dpt masalah, pasti rasanya lbh sakit dan sulit.


hidup gw bukan kehidupan yg lurus. bukan juga serba mudah dan gampang. tapi kalau boleh gw gambarin, gw menggambarkan hidup gw seperti tangga. ada naik ada turun. ngga lurus. disaat naik pasti cape, tp pas sampe atas rasanya lega. kalau turun, disaat sampe bawah kita kan bisa naek lagi kalau kita mau.
gw suka dan enjoy bgt sm hidup gw yg sekarang. gw buang semua rasa gengsi, mencoba menjadi gw apa adanya dan nikmatin semua yg terjadi. karena disaat semuanya lewat, pasti gw dpt sesuatu yg baru. even it's hard to pass by.

semua yg gw tulis, itu pengalaman berharga yg gw dapetin. gw mau berbagi sama kalian. semoga kita bs menjadi org yg lebih baik lagi. orang baik itu ditakutin dan disegani looh.
salah satu org terhebat di Indonesia pernah bilang kaya gini, "gw ga takut sama org pinter. karena gw bisa lebih pinter kalau gw mau. tapi gw takut sama org baik, karna gw blm tentu lbh baik."



guys, ayo berdamai sama diri kita sendiri dan buang yg namanya gengsi. try to be ourself. nikmatin dan syukurin hidup kita. karena ngga semua org seberuntung kita. 
banyak saudara2 kita di luar sana yg butuh bantuan kita.
tetep berdoa ya buat saudara2 kita di Padang. semoga mereka semua tabah menghadapi ini.


♥,
jane

3 comments:

My story and My experience said...

bnerrr haruss intopeksi dri n nyadar keslahann yg dh kita perbuatt .. hahaha
joaseo!

nathalie XD said...

jane.. XD
kerenn!!update blog nya sering2 yah..terus kasih background jga blog u biar tambah lucu!!

Andrean Frederic Halim said...

Mantap cuy..
Kalo gitu gw minta maap dlu sebelom buat salah...
Maap ya... hehehehe...XD