Wednesday 21 March 2012

Born this way

Kemaren, gw dan temen2 sekelas pergi ke tempat yg bener2 spesial. Sekolah Luar Biasa. Kita ngadain kegiatan sosial di sana.

Sbenernya dulu, gw juga pernah beberapa kali ngajar di rumah singgah buat anak2 jalanan.
Tapi kali ini rasanya beda banget.
Bener2 beda.

Kebetulan gw bagian seksi acara sebagai time keeper, tugasnya mondar-mandir ngejaga keteraturan jadwal dan ngasi tau jam2. Otomatis gw bulak-balik ke kelas2.
Hampir semua kelas gw datengin brg temen gw yg time keeper juga. Dan saat itulah hati gw terenyuh.

Banyak anak2 kecil yang beda banget sm kita. Secara fisik mereka sama, tapi kelakuan mereka beda. Mereka ga bisa bicara selayaknya anak normal, mereka ga tanggap selayaknya anak normal, dan mereka gabisa berpikir selayaknya anak normal.

Ada anak yang hiper dan ada juga yang hipo.

Bahkan ada yg usia smp dan sma hingga dewasa.

Ada juga anak tuna netra yang lg ujian menggunakan huruf braille. Dan anak2 tuna rungu dan tuna wicara yang berkomunikasi dalam hening.

Gw diem, gw haru. Bener2 haru. Dalam kondisi mereka yang kaya gitu, mereka masih senyum dan semanngat banget waktu kita dateng dan ajak mereka bersosialisasi, nyanyi, nari, main. Walaupun cuma lempar bola mereka seneng bgt.

Ada satu anak, namanya dio. Dia masih kecil, kelas 1 SD. Gw nyamperin dia. Doi lg ngegambar.
"Dio, lg bikin apa?"
"gunung."
"wah bagus gambarnya, dio bljr drmana?"
"......"
"dio maen puzzle yu sama kaka?"
"puzzle..."
(gw sodorin puzzle nya trs dia maenin)
(5 menit kemudian)
"horeee puzzlenya jadii!! Hebat dioo.."
"hore kaka dio bisa dio bisa!!" ( dia ngajak gw tos, trs ngepelin tangan ke atas smbil loncat2 terus meluk gw)
"iya...dio hebat" (gw cm bs bales pelukan dia smbil senyum.)

Gw ga tahan, kejadian sepele sih, tapi berarti banget buat gw. Itu puzzle cuma terdiri dari 3 bagian, kepala, mulut, dan rambut. Anak kecil 3 taon juga gw rasa cepet ngerjainnya. Tapi dio butuh 5 menit. Dan reaksinya dia seneng banget, seakan dia menang juara dunia.

Gw sadar, gw langsung sadar. Dio ngajarin gw banyak hal.
Banyak hal dalam hidup gw yg kurang gw syukurin.
Gw slalu ngerasa "kenapa sih" "ko gitu" "ga adil"

Kadang, gw bisa ribut sendiri kalo gw jatoh pas lagi jalan, smentara di luar sana banyak orang yang berharap bisa jalan dan jatoh kaya gw.
Kadang, gw ngomel kalo denger ade gw nyanyi pas gw belajar, sementara banyak org diluar sana yg hidup dlm keheningan.
Kadang, gw kesel kalo dimarahin, smentara diluar sana banyak anak yang ga bisa sadar kalo mereka tuh dimarahin
Kadang, gw gasuka nonton film yg jelek, smentara diluar sana ada anak kecil yg berjuang belajar huruf braille.
Kadang, kalo dikasih tugas yg berat gw ngeluh cape ini itu, sementara di luar sana banyak anak yang ga dianugerahi kemampuan berpikir yang normal.
Kadang, gw cape ngejalanin hidup yg monoton, yg susah, yang penuh masalah, smentara banyak anak di luar sana yg bersedia nuker hidupnya sm hidup gw yg jauh lbh enak, jauh lbh berkecukupan, dan jauh lebih normal.

Kegiatan ini bikin gw sadar, apapun yg kita punya sebaiknya kita hargain itu. Karena banyak org lain yg ga sberuntung kita.

In this world, no one born with nothing. Everyone has purpose.
To help others.
But first, we must appreciate ourself.
Cause when u give a life to yourself, you could give life to others.
When u have chance, everyone does too.

Thank God i'm alive
Thank God i'm normal
Thank God i'm complete

And so do you, whoever read this, love your life whatever it'd be like, be grateful.
Because no one live with nothing.
Everyone has purposes, everyone has hopes.

1 comment:

Anonymous said...

no one live without
nothing.
Everyone has purposes,
everyone has hopes.
Ya benar bngt pemikiran yg bagus, setiap kehidupan yg diberikan oleh Tuhan mempunyai maksud, hidup bahagia itu bisa kita dapatkan dimanapun dan kapanpun, jika kita dapat mensyukurinya.
Postingannya bagus..